Mencegah Bulu Mata Rontok

bulu mata

Mata adalah bagian dari manusia, yang memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup. Tidak hanya sebagai indera pengelihatan, mata juga bisa menjadi suatu bagian yang penting dalam mengungkapkan sesuatu. Dengan tatapan mata, bahasa verbal bisa lebih bermakna. Dengan mata, bahasa tubuh bisa lebih kuat artinya. Mata adalah titik tekan dalam sebuah komunikasi. Mata adalah bagian tubuh yang ikut berbicara. Karenanya menjaga mata tetap cantik, seolah sangat penting. Seperti manjaga agar alis mata dan bulu mata tetap tebal dan menghindari penyebab bulu mata rontok.

Mendadani mata agar terlihat hidup adalah penting, terutama bagi banyak wanita. Mata tidak hanya pelengkap kopmunikasi, tetapi juga simbol kecantikan. Karenanya, membuat mata lebih bersinar, kerap dilakukan wanita ketika ingin bepergian atau bersosialita. Bagian pada mata yang tidak pernah luput dari perhatian adalah bulu mata. Banyak wanita menghabiskan waktu duduk di depan kursi meja rias, hanya untuk membuat tampilan bulu mata lebih indah, lebih lentik, lebih tebal. Dari bulu mata yang dihias luar biasa, maka tampilan bola mata keseluruhannyapun akan berbeda. Lalu, bagaimana jika bulu mata rontok ?

Memang, tidak banyak yang tau, bahwa make up yang tidak digunakan dengan baik pada bulu mata, bisa menimbulkan kerontokan pada bulu mata tersebut.  “Penyebab bulu mata rontok bisa sama dengan penyebab rontoknya rambut di kepala,” terang Jeannette Graf, MD, dermatolog dari New York (www.femalekompas.com)

Dengan adanya kesamaan antara penyebab kerontokan rambut dan bulu mata, maka stress dan hormonal, bisa juga menjadi penyebab bulu mata rontok. Termasuk juga masalah-masalah kesehatan seperti tiroid, radang pada mata dll. Namun, dari sekian banyak penyebab bulu mata rontok, penyebab tersering adalah tidak membersihkan make up yang menempel di mata dengan baik, setelah menggunakannya.

Tidur dengan bulu mata palsu, perlahan akan membuat bulu mata rotok, termasuk juga penggunaan maskara dalam jangka waktu lama tanpa membersihkannya. Maskara yang paling rentan menyebabkan bulu mata rontok adalah maskara waterprof, karena maskara ini bersifat mengeringkan bulu mata dan sulit dibersihkan. Jika ini terjadi, maka walaupun perlahan, bulu mata akan cepat rontok.

Minyak jarak, solusi bulu mata rontok

Bagaimana jika bulu mata sudah terlanjur rontok dan tipis? Tidak perlu pergi ke salon kecantikan hanya untuk melakukan tanam bulu mata, seperti yang saat ini banyak dilakukan orang. Karena melakukan tanam bulu mata, juga memiliki resiko pada mata nantinya. Ada cara alami untuk mengatasi bulu mata rontok, sekaligus mengembalikan kecantikan bulu mata anda.

Penggunaan minyak jarak adalah cara yang bisa digunakan. Castor oil atau minyak jarak ini, sebenarnya tidak hanya digunakan untuk bulu mata, tapi unum digunakan untuk menebalkan rambut. Sifatnya adalah menumbuhkan bulu di sekitar tubuh, agar bisa tumbuh lebih cepat.

Untuk menumbuhkan bulu mata, cara yang bisa digunakan adalah dengan menambahkan satu sendok makan minyak jarak dengan satu sendok makan vanili. Setelah itu oleskan pada bulu mata, yang tersisa. Campuran ini akan merangsang agar bulu mata bisa tumbuh. Memang, memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, namun cara ini terbilang alami dan aman untuk mata.

Selain minyak jarak, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai alternatif memanjangkan bulu mata. Selain itu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin E, seperti kacang hijau, toge dll. Vitamin E berperan penting untuk perawatan kulit dan rambut.

Tips menghindari bulu mata rontok

Menjaga pola hidup sehat dari makanan dan minuman saja belum cukup untuk menjaga tampilan bulu mata. Selayaknya, bagi wanita yang kerap memakai make up di bagian mata, memperhatikan kebersihan make up tersebut, sebelum dan sesudah penggunaannya.

Setelah menggunakan maskara, segera lakukan pembersihan sampai benar-benar tuntas, tanpa ada sisa maskara yang tertinggal, terutama maskara waterprof. Karenanya disarankan untuk memilih maskara yang lembut untuk mata dan tidak meninggalkan banyak gumpalan pada bulu mata.

Pelentik bulu mata ataupun pengeriting bulu mata yang digunakan, sebaiknya digunakan dengan cara yang benar, artinya tidak menarik bulu mata saat penggunaaannya, yang menyebabkan bulu  mata rontok.

Jangan mencoba mencabut bulu mata, karena hal ini sangat mungkin menimbulkan peradangan pada mata. Disarankan untuk mengganti alat make up untuk mata jika sudah terlalu lama, atau tidak layak digunakan. Bagi yang tengah menderita sakit mata, sebaiknya hindari penggunakan make up secara berlebihan. 

About the Author

Leave a Reply