Keluarga Sehat dengan Bersepeda Bersama

bersepeda

Memanfaatkan waktu luang bersama keluarga dengan melakukan olahraga, pasti sangat menyenangkan. Ada dua manfaat bersepeda bersama keluarga yang bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga, yaitu manfaat kesehatan dan manfaat kebersamaan. Kedua manfaat ini saling mendukung dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

Banyak pilihan ragam olahraga yang bisa dilakukan. Beberapa keluarga di Amerika, sering menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain ice skiting. Di negara-negara maju, yang sudah lebih perhatian pada pentingnya olahraga, kerap menghabiskan akhir pekan dengan bersepeda bersama keluarganya, di taman-taman kota. Dan, hal ini juga kerap dilakukan di Indonesia, yang notabene merupakan negara berkembang.

Memanfaatkan car free day, itulah salah satu waktu yang asik untuk bersepeda bersama keluarga. Di Jakarta sendiri, hal ini memang sudah dilakukan. Setelah diamati, ternyata didapat banyak manfaat ketika kita bersepeda.

Seorang bapak, yang lama sekali menderita asma, dan telah menghabiskan banyak waktu untuk berobat, ternyata bisa pulih hanya dengan rutin bersepeda. Menurut sebuh situs yang memuat kisah sang bapak, bapak asma ini sebelum bersepeda mengalami banyak kendala dalam beraktivitas, terutama berjalan. Asma yang di deritanya sering muncul tiba-tiba, sehingga mengganggu rutinitas sang bapak dalam kegiatan keseharian.

Setelah sang anak mengajak bapak bersepeda secara rutin, mulai dari jarak pendek, menengah dan jauh, sang bapak pun mulai merasakan manfaatnya. Asma yang dideritanya tidak lagi kambuh tiba-tiba, bahkan jarang kambuh.

Bersepeda bersama di pagi hari, baik untuk tulang

Kegiatan bersepeda bersama keluarga memang lebih seru jika dilakukan di pagi hari. Udara pagi yang masih segar dan asri adalah salah satu alasannya. Di samping itu, sinar matahari pagipun belum mengandung ultraviolet tinggi yang membahayakan kulit, justru sinar matari pagi bermanfaat dalam memberikan asupan vitamin D, yang berguna untuk kekuatan tulang. Memiliki kecenderungan osteoporosis? Ayah dan ibu yang lupa merawat tulang, mulailah latihan bersepeda. Vitamin D yang didapatkan ketika bersepeda di pagi hari, mencegah dan mengurangi faktor resiko terjadinya osteoporosis pada usia muda.

Bagi ayah, yang memiliki masalah dengan jantung, bersepeda ternyata mampu mengatasi problem ini. Dengan bersepeda, tekanan darah akan terkontrol dengan baik, dan kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh akan dibakar, hal ini yang menyebabkan terjadinya peningkatan kebugaran kardiovaskular. Bersepeda sepanjang 32 km per minggu, dilangsir mengurangi resiko terkenan penyakit jantung koroner menjadi kurang dari setengahnya.

Latihan bersepeda juga membentuk otot otot paha menjadi lebih kencang, dan mengurangi selulit yang sering mengganggu penampilan ibu.

Belum selesai manfaat bersepeda, ibu yang memiliki kecenderungan bertubuh gemuk, bahkan kerap melakukan diet tidak sempurna, bersepeda bisa membantu. Pada kecepatan 18 km/jam dijalan datar dibakar sekitar 450 kkal per jam. Hal Ini akan membantu menurunkan berat badan dan melawan efek buruk obesitas. Terjadinya penurunan berat badan konon juga dikarenakan, bersepeda memiliki hgubungan dengan memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Tidak hanya menurunkan berat badan, latihan bersepeda juga membentuk otot otot paha menjadi lebih kencang, dan mengurangi selulit yang sering mengganggu penampilan ibu.

Anak percaya diri berkat bersepeda

Bagaimana caranya bersepeda bisa membuat anak-anak tampil percaya diri?

Saat bersepeda, ada sebuah hormon yang dilepaskan yaitu endorfin. Hormon endorfin ini dilepaskan ke aliran darah, sehingga menimbulkan efek nyaman dan perasaan bahagia. Semakin sering dan rutin anak diajak bersepeda, maka tingkat kepuasan, kestabilan dan rasa bahagia juga akan sering ia rasakan. Dan, perasaan positif seperti ini yang baik perkembangan anak.

Membawa anak bersepeda ke alam terbuka juga membuka mata anak akan kehidupan dan keindahan alam. Anak akan merasakan sebuah kebabasan yang positif, yang diiringi dengan rasa menghargai akan keindahan alam sekitar. Hal ini akan merangsang otak anak untuk berpikir jernih dalam menyelesaikan konflik, juga meningkatkan kepercayaan diri anak dalam kehidupan berkeluarga dan sosial.

Banyak manfaat yang bisa didapat hanya dengan mengayuh sepeda. Jadi, siapkan anda bersepeda saat ini?(dbs)

About the Author

Leave a Reply