Manfaat Minyak Zaitun Untuk Diet dan Kesehatan

manfaat minyak zaitun

Diet konvensional, dengan mengurangi makanan berlemak dan karbohidrat tinggi, bukan lagi satu-satunya alternatif diet, untuk menurunkan berat badan. Beberapa studi literatur, mengemukakan bahwa minyak zaitun juga memberikan kontribusi pada penururunan berat badan. Atas dasar tersebut, penelitian tentang manfaat minyak zaitun untuk diet, mulai sering dilakukan.

Hasil penelitian yang pernah termuat di Journal of Women’s health, menunjukan adanya penurunan berat awal bagi wanita yang melakukan diet, dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Dalam penelitian mengkaji manfaat minyak zaitun yang dilakukan di RS. Miriam, Amerika Serikat ini, peserta yang dilibatkan adalah perempuan.

Peserta melakukan diet 1.500 kalori, yang dilakukan dengan dua cara, yaitu konvensional dan diet nabati minyak zaitun. Sampai 8 minggu pada setiap diet, peserta diarahkan untuk memilih satu diet saja, selama enam bulan.

Hasilnya, 80 persen wanita yang memulai dengan diet minyak nabati zaitun mengalami penurunan lebih dari 5 persen dari berat awal, dibandingkan dengan 31 persen yang melakukan diet berdasarkan rekomendasi NCI. Namun para peneliti terkejut ketika menemukan bahwa setelah mencoba kedua diet, kebanyakan wanita memilih untuk tetap dengan diet konvensional, dengan pertimbangan selera, mudah diakses, dan terjangkau.(http://www.tempo.co)

Peneliti utama, juga memfokuskan diet ini pada wanita pengidap kanker payudara. Sehingga beliau menyimpulkan ada hubungan siknifikan antara penurunan berat badan dengan proses pemulihan kanker payudara. Dari penelitian yang dilakukannya, tampak jelas adanya manfaat minyak zaitun yang sangat besar, bagi proses pengurangan angka kekambuhan kanker payudara.

Aneka Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan cita rasa yanng khas, minyak zaitun memberikan keuntungan yang sangat banyak, bagi perkembangan kesehatan manusia. Kandungan asam lemak tak jenuhnya, menjadi faktor utama, yang membuat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan semakin besar.

Minyak zaitun dianggap berkontribusi pada kesehatan jantung. Manfaat minyak zaitu bagi peningkatan fungsi jantung, dikarenakan minyak ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL).

Benefit yang tidak terlihat, namun bisa dirasakan setelah mengkonsumsi minyak zaitun adalah, adanya pengurangan angka kekambuhan kanker, peradangan yang cepat sembuh,  bahkan manfaat minyak zaitun dalam membantu mengatasi masalah berat badan pada penderita diabetes.

Beberapa penelitian mengemukakan, orang yang menganti minyaknya dengan minyak zaitun, bisa mengalami penurunan berat badan tanpa mengurangi makan dan berolahraga.Beberapa studi literatur lainnya, menyampaikan bahwa memanfaatkan minyak zaitun sebagai lemak tak jenuh, membuat seseorang mengurangi makannya, sehingga  menurunkan berat badannya. (http://health.howstuffworks.com).

About the Author
  1. Syafrida

    Meskipun tdk diadakan penelitian sy yakin bhwa minyak zaitun byk manfaatnya.Tp dgn penelitian keyakinan sy makin kuat.Krn sy pernah baca hadis riwayat abu hurairah dlm sunan At-Tirmidzi dan suna ibnu Majah menyatakan bhwa Rasulullah saw bersabda;Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sbg minyak,krn sesungguhnya ia berasal dr pohon yg diberkahi.Minyak zaitun berguna utk melembutkan kulit dan melambatkan pertumbuhan uban jg.

  2. Manjur.net

    Benar, penelitian adalah dasar untuk memperkuat fakta yang terjadi. Terima kasih atas kedatangan anda ke Manjur.net, informasikan teman dan sahabat anda tentang Manjur.net.

Leave a Reply